Pemda Didorong Percepat Reformasi Birokrasi Lewat E-Government

Pemda Didorong Percepat Reformasi Birokrasi Lewat E-Government

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Sejumlah tema dibahas dalam rapat koordinasi ini terutama untuk mempercepat reformasi birokrasi.

 

Asman mengatakan, secara khusus, rapat koordinasi ini membahas percepatan e-government di daerah sehingga, ini akan memperbaiki kinerja daerah.

"Pertama masalah e-governmentperformance best management kami harapkan cepat di daerah," ujar dia, di Kantor Kementerian PAN-RB Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Pada rapat koordinasi ini kedua menteri juga membahas soal organisasi pemerintah. Terutama mengenai administrasi pemerintah. Kemudian, rapat juga membahas mengenai masalah kepegawaian. Rapat koordinasi ini merupakan hal rutin sebagai wujud sinkronisasi.

"Ketiga masalah kepegawaian dalam UU ASN sekarang pengisian jabatan tinggi, pengawasan segala macam. Hal-hal yang rutin selama ini terkait masalah birokrasi kita sinkronkan Kemendagri," ungkap dia.

Tjahjo menuturkan, rapat ini merupakan upaya untuk membangun sinergi  tata kelola antara pusat dan daerah.

"Initinya membuat agenda, antara Kemendagri dan Kemenpan bagian yang tidak terpisahkan. Bagaimana membangun tata kelola, antara pemerintah pusat dan daerah. Baik provinsi dan kabupaten kota supaya lebih efektif efisien mempercepat reformasi birokrasi. Ujungnya memperkuat otonomi daerah," ujar dia.